Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Selasa, 23 September 2014

Manfaat Sedekah dalam Kehidupan

Manfaat Sedekah dalam Kehidupan 

Manfaat Sedekah
Manfaat sedekah dalam kehidupan membuat banyak orang berlomba-lomba untuk sedekah. Meski tetap ada orang yang enggan melakukannya. Hanya saja sedekah tetap sering dilakukan orang karena diyakini mampu memberi kemanfaatan bagi kehidupan di dunia dan akhirat nantinya. Sedekah pada dasarnya merupakan sebuah perbuatan yang memberikan bantuan kepada orang lain. Bantuan tersebut bisa berupa uang, barang maupun tenaga. Inti dari sedekah adalah upaya untuk meringankan penderitaan orang lain. Upaya untuk meringankan beban yang tengah dialami orang lain. Misalnya kekurangan biaya untuk berobat, membayar uang sekolah, atau kekurangan tenaga saat memperbaiki rumah. Banyak hal yang bisa berikan untuk bersedekah selain barang dan tenang karena kita tersenyum dan berkata baik pun juga termasuk sedekah. Melalui sedekah diharapkan juga dapat memberikan kemanfaatan bagi diri sendiri karena bisa lebih mensyukuri nikmat yang telah diterimanya. Manfaat sedekah dengan kata lain tidak hanya akan dirasakan oleh orang yang telah diberikan sedekah tetapi juga orang yang memberikan sedekah tersebut.

Manfaat sedekah bisa menambah rezeki

Manfaat sedekah dikatakan mampu menambah rezeki yang dimiliki. Padahal sedekah sebenarnya mengurangi rezeki yang diperoleh karena telah membagikannya kepada orang lain. Tetapi Rasulullah berssabda, “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allahh menyayangi kalian. (HR. Al-Wasail 6 : 255). Sudah jelas bukan bagaimana Rasulullah SAW saja menyarankan untuk melakkukan sedekah karena Allah telah menjanjikan akan menambah rezeki dari harta yang telah dibagikan. Rezeki tersebut tidak semata-mata diberikan Allah dalam bentuk harta benda. Tetapi bisa juga dalam bentuk lain yang tidak ada seorangpun yang mengetahuinya. Selain itu jika tidak diberikan ketika manusia tersebut ada di dunia bisa juga diberikan saat nanti berada di akhirat. Tidak ada salahnya melakukan sedekah karena tidak sedikit orang memperoleh Manfaat sedekah yang telah ia lakukan.

Manfaat sedekah untuk mensucikan jiwa

Manfaat sedekah selain mampu membantu orang lain, mengurangi beban yang tengah ditanggungnya juga bisa bermanfaat bagi diri sendiri. Ketika orang melakukan sedekah dengan perasaan ikhlas maka Allah pun dengan kehendakNnya bisa melipatgandakan rezeki yang dimiliki. Rezeki tersebut bisa dalam bentuk harta benda, kesehatan, kelancaran dalam pendidikan, pekerjaan serta hubungan sosial kemasyarakatan. Sedekah juga dikatakan sebagau upaya untuk mensucikan jiwa. Hal ini seperti yang disampaikan dalam QS. At-Taubah :103, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’akan untuk mereka. Sesungguhnya dia kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka, dan Allah Mendengar lagi maha Mengetahui.” Melalui ayat tersebut suudah jelas bagaimana Manfaat sedekah bagi kehidupan manusia sehingga tidak ada alasan lagi untuk menunda sedekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...