Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Selasa, 23 September 2014

Ayo kita sedekah berdasarkan kemampuan


Ayo kita sedekah berdasarkan kemampuan 

Ayo kita sedekah sesuai dengan kemampuan kita. Dalam sedekah tidak ada batasan berapapun dan apapun. Maksudnya berapapun tidak ada batasan nominal berapa kita akan bersedekan. Kemudian apapun, tidak ada paksaan dan aturan bahwa kita harus bersedekah dalam bentuk uang. Sedekah bisa kita berikan juga dalam bentuk barang kepada orang yang tentu lebih membutuhkan barang tersebut dibandingkan kita. Misalnya orang sedang membutuhkan tas, kemudian ternyata kita masih memiliki tas yang masih bagus tetapi jarang dipakai karena tas yang kita miliki lebih dari satu. Maka kita bisa sedekah dengan memberikan tas tersebut kepada yang lebih membutuhkan. Bisa juga saat kita di rumah atau di jalan kemudian bertemu dengan orang yang sedang letih karena perjalanan jauh kemudian tidak memiliki air minum maka kita bisa membantu dengan segelas minum. Sedekah bisa kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita jadi jangan ragu lagi, Ayo kita sedekah.

Ayo kita sedekah : Bikin makin kaya

Ayo kita sedekah. Tidak ada keraguan untuk menjalankannya. Dengan sedekah bisa membuat seseorang makin kaya. Dengan keikhlasan dalam memberi ketika melakukan sedekah akan membuat sesorang bertambah kaya. Jika setelah melakukan banyak sedekah ternyata tetap tidak membuat kaya ketika masih di dunia, tetapi kita bisa bertambah kaya ketika di akhirat. Seperti yang dikabarkan oleh Abu Huroiroh R.A bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak seorangpun yang menyedekahkan hartanya yang halal dimana Allah menerimanya dengan kananNya (dengan baik), walaupun sedekahnya itu hanya sebutir kurma. Maka kurma tersebut akan bertambah besar di tangan Allah Yang Maha Pengasih, sehingga menjadi lebih besar daripada gunung. Demikian Allah memelihara sedekahmu, sebagaimana halnya kamu memelihara anak kambing dan unta (semakin hari semakin besar).” (HR. Muslim). Sudah begitu jelas janji dan keutamaan bersedekah, seharusnya tidak ada keraguan lagi dalam melakukan sedekah. Ayo kita sedekah.

Ayo kita sedekah untuk kesempurnaan ibadah

Ayo kita sedekah dengan keikhlasan hati. Sedekah pada dasarnnya merupakan sebuah upaya untuk menyempurnakan ibadah kita kepada Allah SWT. Hanya saja ibadah kita akan diterima jika kita melakukannya dengan ikhlas. Rasa ikhlas tersebut hanya diri sendiri dan Allah saja yang mengetahuinya. Dalam Q.S Al-Baqarah : 93 dijelaskan bahwasanya Allah SWT berfirman, “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahhagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka seseungguhnya Allah mengetahuinya.” Apapun yang kita niatkan Allah akan mengetahui. Begitu juga sedekah yang kita lakukan sudah barang tentu Allah mengetahuinya, walaupun hanya tersenyum selama kita ikhlas Allah pasti akan melihatnya. Jadi Ayo kita sedekah demi kesempurnaan ibadah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...