Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Selasa, 23 September 2014

Infaq dan sedekah sama-sama ibadah kepada Allah SWT

Infaq dan Sedekah

Infaq dan sedekah merupakan dua hal yang sering kita dengar. Bahkan tidak jarang dua hal tersebut dimaksudkan dalam dua hal yang sama. Namun ada beberapa ulama yang menyatakan dua hal tersebut berbeda. Tetapi bisa jadi tergantung niat masing-masing. Ada salah satu ayat yang membahas mengenai infaq, “Walaupun kamu membelanjakan semua yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka.” (QS. Al-Anfal: 63). Infaq itu dimaksudkan sebagai mengeluarkan atau membelanjakan harta. Sementara sedekah dimaksudkan mengeluarkan atau membelanjakan harta di jalan Allah SWT. Kedua penjelasan antara infaq dan sedekah memang tidak terlalu rinci banyak ulama yang memberikan pendapatnya, tetapi alangkah baiknya jika kita melakukan segala sesuatu karena hanya Allah SWT termasuk dengan infaq dan sedekah.

Infaq dan sedekah memiliki makna yang berbeda
Infaq dan sedekah meskipun sama-sama mengeluarkan harta namun ternyata memiliki makna berbeda. Infaq memiliki makna yang lebih luas dibandingkan sedekah. Infaq pun memiliki beberapa penggolongan. Ada infaq wajib, sunah serta mubah. Infaq wajib misalnya zakat, infaq untuk keluarga dan lainnya. infaq sunah yaitu infaq yang dianjurkan untuk melaksanakan tetapi tidak wajib misalnya infaq untuk dakwah atau pembangunan masjid dan lainnya. sedangkan infaq mubah adalah infaq yang tidak termasuk bagian dari infaq wajib dan sunah misalnya untuk makan bersama atau pesta. Sementara sedekah adalah infaq di jalan Allah. Dengan jelasnya maksud infaq dan sedekah semoga saja tidak menghalangi umat muslim untuk melakukan sedekah maupun infaq wajib dan sunnah.

Infaq dan sedekah seringkali dianggap sama
Infaq dan sedekah masih sering dianggap sama. Infaq dan sedekah dianggap memiliki makna yang sama. Lihat saja banyak kotak-kotak yang kita temui lebih sering terdapat tulisan kotak infaq dibandingkan kotak sedekah. Padahal sedekah merupakan bagian dari infaq. Namun sedekah lebih memiliki makna yang lebih khusus yaitu mengeluarkan harta di jalan Allah. Sedekah sendiri berasal dari kata shidq yang berarti benar. Benar disini maksudanya adalah benar sejalan dengan ucapan, perbuatan serta keyakinan. Ada sebuah hadist, “Dan sekedah itu merupakan burhan (bukti).”(HR. Muslim). Bukti mengenai ketaatan seorang hamba untuk mengeluarkan hartanya di jalan Allah SWT dan dilakukan karena semata-mata karena-Nya. Lalu bagaimana dengan infaq? Selama infaq yang dilakukan bukan demi kepentingan sendiri kemudian dilakukan juga hanya karenaNya maka ketika seseorang mengeluarkan hartanya dalam bentuk infaq dan sedekah maka hal tersebut tidak perlu diperdebatkan kembali. Perbedaan antara infaq dan sedekah memang tidak terlalu terperinci tetapi hal tesebut seharunya tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk tetap menjalankan ibadahnya kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...