Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Selasa, 23 September 2014

Manfaat sedekah akan memberikan kecukupan

Manfaat sedekah akan memberikan kecukupan
Manfaat Sedekah
Manfaat sedekah bagi kehidupan manusia adalah mampu memberikan kecukupan. Sedekah yang paling utama diberikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Seperti kepada orang tua kita, kerabat atau saudara, anak-anak yatin, piatu dan yatim piatu, orang-orang miskin dan orang yang sedang dalam perjalanan. Kita bisa memberikan sebagian harata kita kepada orang lain tetapi ketika saudara kita sendiri ternyata lebih membutuhkan maka harta kita lebih baik diberikan kepada keluarga begitu juga sebaliknya. Seperti dalam firmanNya, “Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka Allah Maha Mengetahhuinya.” (QS. Al-Baqarah : 215). Dengan kata lain manfaat sedekah harus benar-benar dirasakan oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

Manfaat sedekah, kecukupan bagi si pemberi
Manfaat sedekah akan diberikannya segala kecukupan bagi si pemberi. Maksudnya dalah orang-orang yang memberikan sedekah dengan ikhlas akan dicukupkan segala kebutuhannya. Ia tidak akan merasa kekurangan, karena paham bahwa di dalam harta yang ia miliki terdapat harta orang lain. Selain itu dengan sedekah yang ia berikan maka si pemberi sedekah akan selalu memperoleh perlindungan dari Allah SWT. Seperti yang telah dijanjikanNya, “Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka (dengan) kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan daripada kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggetarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Alllah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).”(QS. Al-Anfal : 60). Tak ada hal lain yang diharapkan seorang muslim yang melakukan sedekah selain Manfaat sedekah yang telah dijanjikan Allah SWT.

Manfaat sedekah akan meninggikan derajat para pemberi sedekah

Manfaat sedekah yang lainnya yaitu akan meninggikan derajat para pemberi sedekah di sisi Allah SWT seperti dalam firmanNya, “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereeka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” (QS. At-Taubah : 20). Lalu apalagi yang diinginkan oleh orang-orang beriman kecuali mendapat tempat yang layak disisiNya. Banyak harta tetapi diperoleh dengan cara yang tidak benar pasti akan memperoleh tempat yang berbesa dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki sedikit harta tetapi diperoleh dengan cara yang benar dan dibagikan dengan sara yang benar pula. Jadi sudah seharusnya tidak ada keragu-raguan untuk bersedekah mulai dari sekarang. Karena sudah jelas Manfaat sedekah bagi pemberi sedekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...