Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Selasa, 23 September 2014

Ayo kita sedekah dengan harta yang halal

Ayo kita sedekah dengan harta yang halal


Ayo kita sedekah dengan harta yang diperoleh dengan cara yang halal. Maksud dari halal tersebut harta yang kita peroleh dengan bekerja sesuai jalanNya. Bukan harta yang diperoleh karena menipu, mencuri, merampok, menjambret, riba, korupsi, dan lainnya. Kita diharuskan melakukan sedekah ddengan harta yang halal pasalnya setiap harta yang diperoleh dengan jalan yang tidak baik diharamkan hukumnya. Seperti yang disampaikan Abu Hurairah R.A mengungkapkan bahwasanya Rosulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa mengumpulkan harta yang haram, kemudian ia keluarkan sebagai sedekah, maka ia tidak akan mendapatkan pahala. Dan ia tetap mendapatkan dosa.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim). Untuk itulah sedekah akan menuntun kita dalam memperoleh rezeki dengan jalan yang halal. Sehingga nantinya kita bisa sedekah dengan jalan yang halal pula, Ayo kita sedekah.



Ayo kita sedekah : Berbagi kebahagiaan dengan orang lain

Ayo kita sedekah dengan berbagi sebagian harta kita. Sedekah pada hakikatnya merupakan sebuah upaya yang dilakukan dalam bentuk pemberian sesuatu kepada yang berhak menerima sesuai dengan kemampuan kita. Dalam setiap penghasilan yang kita peroleh, tidak jarang disampaikan bahwa didalamnya terdapat harta orang lain. Tidak salah memang, karena di saat kita memiliki penghasilan setiap bulan bisa jadi ada orang lain di luar sana yang tidak memiliki penghasilan tetap. Bisa jadi banyak orang di luar sana banyak orang yang tidak bisa makan setiap harinya. Dengan kata lain kita diminta untuk berbagi agar orang lain bisa berkurang kesulitannya. Ketika kita berbagi maka orang lain yang memperoleh sebagian dari harta kita tersebut akan merasa bahagia. Mereka merasa bahagia dengan bantuan orang lain dan kita pun pastinya menjadi lebihh bersyukur dengan setiap penghasilan yang kita miliki, jadi Ayo kita sedekah.

Ayo kita sedekah : Harta kita adalah harta yang kita sedekahkan

Ayo kita sedekah kapanpun dan dimanapun. Mengapa kita harus melakukan sedekah? Karena harta kita sebenarnya adalah harta yang kita sedekahkan. Mengapa? Karena kita tidak akan hidup selamanya. Pada akhirnya kita akan menemui Sang Maha Pencipta. Kapan? Tidak ada yang mengetahuinya. Oleh karena itu dalam setiap harta yang kita peroleh kita perlu bersedekah, karena harta yang kita sedekahkan tersebut merupakan bekal kita saat mati kelak. Allah SWT berfirman, “Dan belanjakanlah sebahagian dari apa yang Kami berikan rezeki kepadamu sebelum kematian itu datang kepada seseorang diantara kamu, lalu dia berkata, ya Rabb-ku, kenapa tidak Engkau tangguhkan kematianku kepada ajal yang dekat supaya aku bisa bersedekah, sehingga jadilah aku orang-orang yang shalih? Dan Allah tidak akan menangguhkan kepada seseorang apabila telah datang ajalnya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Munafiqun : 10-11). Nah, kita tidak pernah mengetahui kapan akan menemui kematian kita sehingga jangan tunda lagi dalam bersedekah. Ayo kita sedekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...