Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Senin, 22 September 2014

Ayo kita sedekah : Bikin tenang hati dan pikiran


Ayo kita sedekah : Bikin tenang hati dan pikiran 

Ayo kita sedekah! Ajakan tersebut seringkali kita temui. Hanya saja tidak sedikit orang enggan untuk melakukannya. Salah satu alasannya karena alasan sulit untuk menyalurkannya dan takut jika mengalami penipuan. Jika merasa takut tertipu, itu merupakan alasan yang wajar. Pasalnya tidak sedikit orang-orang yang tidak bertanggung jawab kemudian menipu dengan alasan belum makan dan memakai pakaian compang-camping padahal baju sebenarnya ia memiliki baju yang lebih baik. Tidak sedikit orang menipu dengan meminta-minta hanya karena mereka menginginkan keuntungan. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa sedekah di jalan yang benar. Banyak cara untuk menyalurkan sedekah misalnya pada lembaga-lembaga yang memberikan layanan penyaluran sedekah. Sedekah juga akan membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Sehingga tidak ada kata lain, Ayo kita sedekah.

Ayo kita sedekah walau sekecil apapun itu

Ayo kita sedekah walau hanya dengan sekecil apapun itu misalnya segelas air putih. Terkadang orang merasa tidak bisa bersedekah karena tidak memiliki harta benda. Orang memutuskan tidak bersedekah karena untuk hidup sehhari-hari saja mereka susah. Bahkan untuk makan tiap harinya mereka kekurangan, tidak jarang dalam sehari hanya makan sekali. Padahal sedekah bisa kita lakukan dengan banyak hal termasuk tersenyum. Kita tidak bisa meremehkan sekecil apapun sedekah yang kita lakukan. Dalam sebuah hadist, Rosulullah SAW pernah bersabda, “Jagalah dirimu dari api neraka, walau dengan bersedekah separuh buah kurma.” (HR. Muttafaqu Alaih). Nah, Rosullulah saja mengatakan bahwa sedekah bisa dilakukan dengan apa saja yang kita miliki walau hanya separuh buah kurma. Kita pun bisa melakukan sedekah dengan memberikan minum orang yang tengah dalam perjalanan. Jadi jangan ragu-ragu lagi Ayo kita sedekah.

Ayo kita sedekah dengan senyuman

Ayo kita sedekah dengan tersenyum. Cara lain yang bisa kita lakukan untuk sedekah adalah tersenyum. Ketika kita tersenyum maka akan membuat orang yang melihat ikut bahagia. Jika melihat saudara, teman atau sahabat kita sedang bersedih kita bisa menghiburnya. Kita bisa tetap ramah dan tersenyum. Rasulullah Muhammad SAW juga pernah bersabda, “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar ma’ruf dan nahi munkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.”(HR. Tirmizi dan Abu Dzar). Jadi meskipun hanya tersenyum, itu termasuk sedekah, karena hal tersebut termasuk berbuat baik dengan sesama. Asalkan tersenyum dilakukan bukan untuk tujuan yang tidak baik. Senyum demi kebaikan dan menghibur orang yang tengah kesusahan jauh lebih baik apalagi tersenyum juga termasuk sedekah, jadi apa lagi yang menjadi alasan untuk tersennyum dan juga sedekah? jangan tunda lagi Ayo kita sedekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...