Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Selasa, 23 September 2014

Infaq dan sedekah dapat mencegah sifat-sifat yang dibenci Allah SWT

Infaq dan Sedekah

Infaq dan sedekah jika secara rutin dilakukan dengan ikhlas dan benar-benar hanya karena Allah SWT maka nantinya dapat mencegah berkembangnya sifat kikir yang dimiliki manusia. Sifat kikir merupakan sifat yang dibenci Allah karena enggan berbagi. Oleh karena itu kita harus banyak berbagi dengan orang lain sehingga runtuhlah segala keinginan untuk kikir dan sombong. Sombong merupakan sifat yang merasa lebih baik dibandingkan orang lain. Jika banyak berlaku baik dan berbagi dengan orang lain maka sifat ini lama-lama juga akan runtuh. Dengan kata lain infaq dan sedekah yang kita lakukan dapa mencegah timbulnya sifat-sifat buruk seperti kikir, irii, dengki, sombong tetapi bisa menumbuhkan rasa kasih sayang, saling berbagi dan saling menghargai dan menghormati antar sesama.

Infaq dan sedekah dapat mendatangkan keberkahan bagi semua
Infaq dan sedekah bisa memberikan keberkahan bagi semua. Selain dapat menumbuhkan rasa kasih sayang, saling berbagi juga saling menghormati. Hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan kerukunan hidup dengan sesama dalam suatu masyarakat. Jika kerukunan bisa diraih maka kesejahteraan masing-masing keluarga juga terjamin karena dapat hidup dengan tenang. Ketenangan dalam bermasyarakat juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental masing-masing individu. Selain itu jika kerukunan dalam suatu masyarakat dapat terwujud maka persaudaraan yan terjalin juga semakin erat. Infaq dan sedekah yang rutin dilakukan dengan penuh keikhlasan baik kepada keluarga, teman dan saudara sendiri juga kepada orang-orang yang lebih membutuhkan dapat membawa dampak yang baik bagi semua.

Infaq dan sedekah dengan berbuat baik terhadap tetangga
Infaq dan sedekah bisa dilakukan dalam lingkungan masyarakat, terhadap orang-orang terdekat baik keluarga maupun para tetangga. Hal ini jauh lebih utama karena pasti lebih bermanfaat. Selain berbagi dengan sesama, bisa mengurangi kesulitan orang lain dan mencegah timbulnya iri, dengki dan prasangka dari orang lain. Segala kebaikan yang kita lakukan semata-mata karena Allah SWT untuk para tetangga maupun sahabat jangan pernah meremehkannya. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Janganlah kalian menganggap remeh satu kebaikan pun. Jika ia tidak mendapatkannya, maka hendaklah ia ketika menemui saudaranya, ia menemuinya dengan wajah ramah,, dan jika engkau membeli daging, atau memasak dengan periuk/kuali, maka perbanyaklah kuah dan berikanlah pada tetanggamu dari padanya.”(HR.Turmudzi). Dalam hidup bermasyarakat hendaknya kita memang harus selalu bersikap baik. Karena kita adalah makhluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendiri. Saling berbagi adalah kunci untuk dapat saling menghormati dan menyayangi satu sama lain. Oleh karena itu infaq dan sedekah yang kita lakukan dalam masyarakat perlu rutin dan ikhlas untuk terus dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...