Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Rabu, 03 Desember 2014

Nadzar ? Benda Apakah Itu ?

N A D Z A R

بسم الله الرحمن الةحيم

Misalnya berkata, "Kalau anak saya lulus Ujian Nasional, saya akan infaq ke masjid 5 juta". Inilah salah satu bentuk nadzar.

Bisa jadi selama ini kita salah sangka bahwa nadzar akan mempermulus aneka hajad keperluan. Padahal tidak sama sekali, sebagaimana yang Nabi shallaLlahu 'alaihi wa sallam tegaskan:

إِنَّ النَّذْرَ لاَ يُقَرِّبُ مِنِ ابْنِ آدَمَ شَيْئًا لَمْ يَكُنِ اللَّهُ قَدَّرَهُ لَهُ وَلَكِنِ النَّذْرُ يُوَافِقُ الْقَدَرَ فَيُخْرَجُ بِذَلِكَ مِنَ الْبَخِيلِ مَا لَمْ يَكُنِ الْبَخِيلُ يُرِيدُ أَنْ يُخْرِجَ

"Sungguh nadzar tidaklah membuat dekat pd seseorang apa yg tdk Allah takdirkan. Hasil nadzar itulah yg Allah takdirkan. Nadzar hanyalah dikeluarkan oleh orang yang pelit. Orang yang bernadzar tersebut mengeluarkan harta yang sebenarnya tidak ia inginkan untuk dikeluarkan. " (HSR. Bukhari no. 6694 dan Muslim no. 1640).

Ternyata bernadzar itu tdk sama dg berdoa. Berdoa mmg telah Allah perintahkan, sehingga saat kita berdoa berarti sdg menunaikan ketaatan kepadaNya. Adapun bernadzar, sama sekali tdk ada anjuran dlm islam.

Kalau doa pasti Allah kabulkan dan bisa menjadi sebab berubahnya peta ketetapan Allah, ternyata nadzar tdk ada pengaruh apapun terhadap peta takdir.

Berdoa (kepada Allah) tergolong perbuatan amal shaleh, sedangkan bernadzar ternyata justru mendapat pengkategorian dr Rasul saw sbg org bakhil, krn hanya akan menunaikan ketaatan tertentu jk hajadnya Allah penuhi.

Hadits di atas menunjukkan bhw nadzar itu "terlarang".  Adapun pendapat jumhur (mayoritas) ulama hanya memakhruhkannya.

Meski hnya makhruh tp jk nadzar terlanjur diucapkan, mk menunaikannya tetap wajib, sbgmn wajib membayar hutang. (Lihat QS. Al Hajj: 29).

Atas ketdk tahuan kita, smg Allah hindarkn kita dr hal2 yg dpt menyulitkan kita, dunia akhirat. Aamiin.

      بارك الله فيكم                (02/12)
_____________________________
Pencerahan bersama : Majlis Yatim al-Firosy Indonesia. Pin BB: 7FBF74E3. Email/FB: harip6171@gmail.com.

#DakwahIslam


Sent from Samsung Mobile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...