Keutamaan 2 Ayat Terakhir al-Baqarah
(Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah di Malam Hari)
عَنْ أَبِى مَسْعُدٍ الْبَدْرِىِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهَ صلى الله عليه وسلم: الآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ
Dari Abu Mas'ud al-Badri رضي الله عنه dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barang siapa membacanya di malam hari, niscaya dua ayat tersebut akan mencukupinya". (HR. al-Bukhari no. 3786 dan Muslim no. 807 dan 808)
Hadits agung ini menunjukkan keutamaan besar dua ayat tersebut dan sekaligus anjuran membacanya di malam hari, karena itu merupakan faktor terpeliharanya seorang hamba dari segala keburukan dan dipermudah memperbanyak kebaikan. (Lihat Faidhul Qadir 6/197)
Hadits ini didukung oleh hadits shahih lainnya, malaikat memberi salam dan berkata kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم: "Bergembiralah engkau (wahai Rasulullah) dengan dua cahaya yang diberikan (oleh Allah) kepadamu dan belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, (yaitu) surah al-Fatihah dan penutup (dua ayat terakhir dari) surah al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu hurufpun dari keduanya kecuali (semua) akan diberikan kepadamu". (HR. Muslim no. 806)
Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:
1. Dua ayat terakhir surah al-Baqarah adalah firman Allah عزّوجلّ:
آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ.
لاَ يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ.
Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa): "Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah/2: 285-286)[1],[2]
2. Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم: "… dua ayat tersebut akan mencukupinya" adalah mencukupkannya dari segala keburukan dan kejahatan setan, sertamencukupkannya (memudahkannya) memperoleh banyak pahala dan kebaikan.[3]
3. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-'Asqalani [رحمه الله [4 dan al-Mubarakfuri [رحمه الله [5 menukil riwayat lain dari hadits ini bahwa kedua surat ini dibaca pada malam hari setelah shalat' lsya.
4. Keutamaan besar bagi orang yang membaca dan menghayati makna dua ayat ini karena dua ayat ini mengandung unsur-unsur penopang keimanan, ketundukan yang utuh kepada perintah Allah عزّوجلّ, doa kebaikan, dan semua amal kebaikan dunia dan akhirat. (Lihat Faidhul Qadir 6/197) []
Disalin dari Majalah As-Sunnah_Baituna No.08 Thn.XV_1433H/2011M, rubrik Fadhail hal.7, oleh Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, MA.
[1] Lihat Fathu Bari 9/56
[2] Pada Majalah kedua ayat disebutkan ringkas sebagai berikut "Rasul telah beriman kepada al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman…" sampai di akhir surah. Ibnu Majjah
[3] Lihat Syarhu Shahihi Muslim 6/91 -92 dan Faidhul Qadir 6/197
[4] Dalam Fathul Bari 9/56
[5] Dalam Tuhfatul Ahwadzi 8/152
(Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah di Malam Hari)
عَنْ أَبِى مَسْعُدٍ الْبَدْرِىِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهَ صلى الله عليه وسلم: الآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ
Dari Abu Mas'ud al-Badri رضي الله عنه dia berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barang siapa membacanya di malam hari, niscaya dua ayat tersebut akan mencukupinya". (HR. al-Bukhari no. 3786 dan Muslim no. 807 dan 808)
Hadits agung ini menunjukkan keutamaan besar dua ayat tersebut dan sekaligus anjuran membacanya di malam hari, karena itu merupakan faktor terpeliharanya seorang hamba dari segala keburukan dan dipermudah memperbanyak kebaikan. (Lihat Faidhul Qadir 6/197)
Hadits ini didukung oleh hadits shahih lainnya, malaikat memberi salam dan berkata kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم: "Bergembiralah engkau (wahai Rasulullah) dengan dua cahaya yang diberikan (oleh Allah) kepadamu dan belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, (yaitu) surah al-Fatihah dan penutup (dua ayat terakhir dari) surah al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu hurufpun dari keduanya kecuali (semua) akan diberikan kepadamu". (HR. Muslim no. 806)
Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:
1. Dua ayat terakhir surah al-Baqarah adalah firman Allah عزّوجلّ:
آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ.
لاَ يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ.
Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa): "Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah/2: 285-286)[1],[2]
2. Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم: "… dua ayat tersebut akan mencukupinya" adalah mencukupkannya dari segala keburukan dan kejahatan setan, sertamencukupkannya (memudahkannya) memperoleh banyak pahala dan kebaikan.[3]
3. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-'Asqalani [رحمه الله [4 dan al-Mubarakfuri [رحمه الله [5 menukil riwayat lain dari hadits ini bahwa kedua surat ini dibaca pada malam hari setelah shalat' lsya.
4. Keutamaan besar bagi orang yang membaca dan menghayati makna dua ayat ini karena dua ayat ini mengandung unsur-unsur penopang keimanan, ketundukan yang utuh kepada perintah Allah عزّوجلّ, doa kebaikan, dan semua amal kebaikan dunia dan akhirat. (Lihat Faidhul Qadir 6/197) []
Disalin dari Majalah As-Sunnah_Baituna No.08 Thn.XV_1433H/2011M, rubrik Fadhail hal.7, oleh Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, MA.
[1] Lihat Fathu Bari 9/56
[2] Pada Majalah kedua ayat disebutkan ringkas sebagai berikut "Rasul telah beriman kepada al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman…" sampai di akhir surah. Ibnu Majjah
[3] Lihat Syarhu Shahihi Muslim 6/91 -92 dan Faidhul Qadir 6/197
[4] Dalam Fathul Bari 9/56
[5] Dalam Tuhfatul Ahwadzi 8/152
Sent from Samsung Mobile
Tidak ada komentar:
Posting Komentar