Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Jumat, 03 Oktober 2014

Ayo Jangan Berputus Asa

Bismillaahir-Rohmaanir-Rohiim

Jawaban Di Dalam  Al-Quran Bagi Orang Yang Putus Asa Atas Musibah

Kita akan mendapatkan keutamaan yang sangat banyak apabila musibah kita hadapi dengan sabar. Agar kita dapat bersabar... hendaknya kita mengingat keutamaan bersabar yang sangat banyak. Allah Ta'ala banyak menyebutkan kata-kata sabar dalam kitab-Nya.

↗Berikut adalah beberapa keutamaan bersabar:
Sabar memiliki keutamaan yang sangat besar di antaranya:

■Mendapatkan petunjuk
Allah Ta'ala berfirman:
"Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." [At Thaghabun: 11]

■Mendapatkan pahala yang sangat besar dan keridhaan Allah.
Allah Ta'ala berfirman,
"sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar diberikan pahala bagi mereka tanpa batas."[Az-Zumar:10]

■Mendapatkan alamat kebaikan dari Allah.
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.....
"Apabila Allah menghendaki kebaikan pada seorang hamba-Nya maka Dia menyegerakan hukuman baginya di dunia, sedang apabila Allah menghendaki keburukan pada seorang hamba-Nya maka Dia menangguhkan dosanya sampai Dia penuhi balasannya nanti di hari kiamat."[HR. Tirmidzi no.2396 dalam kitabuz zuhd, Bab " Tentang Sabar Terhadap Ujian", dan dia berkata, "Ini hadist hasan gharib", Al-Hakim di dalam Al-Mustadrak (I/349), IV/376, 377)]

■Merupakan anugrah yang terbaik
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda......
"Tidaklah Allah menganugrahkan kepada seseorang sesuatu pemberian yang labih baik dan lebih lapang daripada kesabaran."[HR. Bukhari no. 1469 dalam kitabuz Zakat, Bab "menghindari diri untuk tidak meminta-minta", dan Muslim no.2471 dalam Kitabuz Zakat, Bab "Keutamaan Menjaga Kehormatan dan Sabar"]

↗Jawaban Al-Quran sebagai penghibur
Berikut jawaban serta jalan keluar dari Allah yang langsung tertulis dalam kitab-Nya mengenai beberapa keluhan yang muncul dalam hati manusia yang lemah

◆Mengapa saya di uji (dengan penyakit ini)?
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:"Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. 29:2)

"Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (QS. 29:3)

◆Mengapa saya tidak mendapatkan apa yang saya inginkan (berupa kesehatan)?
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahu, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. 2:216)

◆Mengapa ujian (penyakit) seberat ini?
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. 2:286)

◆Saya mulai frustasi dengan ujian (penyakit) ini.
"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." (QS. 3:139)

◆Bagaimanakah saya menghadapinya?
"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung." (QS. 3:200)

◆Apa yang saya dapatkan dari semua ini?
"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka," (QS. 9:111)

◆Kepada siapa Saya berharap?
"Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Rabb yang memiliki 'Arsy yang agung". (QS. 9:129)

◆Saya sudah tidak dapat bertahan lagi dan menanggung beban ini!
"Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (QS. 12:87)

Semoga bermanfaat 


Sent from Samsung Mobile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...