Hidup Berkah Tanpa Riba, Rumah Berkah Tanpa Riba, Cara Melunasi Riba, Cara Bebas Dari Riba, Suburkan Sedekah Musnahkan Riba, Blog Dakwah Islam Anti Riba, Pejuang Anti Riba, Berbagi Manfaat Dengan Sedekah, Berbagi Kebaikan, Beli Rumah Tanpa Riba, Perumahan Syariah Tanpa Riba

Jumat, 10 Oktober 2014

Kota Makkah dan Madinah Memang Istimewa

Subhanallah! Istimewanya Kota Makkah dan Madinah

Share postingan ini, berikan vote dan komentar agar kita bertambah pahalanya.

Subhanallah! Istimewanya Kota Makkah dan Madinah

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (diantaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa menginkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam (QS. Ali ‘Imran: 96,97)

Allah SWT menjadikan Makkah dan Madinah sebagai dua kota suci yang disebut juga sebagai Tanah Haram. Kata Haram memiliki arti larangan. Sebagai dua kawasan yang dimuliakan oleh Allah, di Tanah Haram  terdapat aturan tertentu bagi siapa saja yang tinggal di dalamnya, salah satu peraturan yang ditetapkan oleh Allah SWT adalah larangan bagi golongan bukan Islam  memasuki Masjidilharam. Larangan ini terkandung dalam firman Allah SWT dalam surah At-Taubah ayat 28 :

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini. Dan jika kamu bimbang menjadi miskin, maka Allah akan memberikan kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Lalu apa sajakah keistimewaan dari kota Makkah dan Madinah? Berikut paparannya :

Kota Makkah
1 Terdapat sebuah bangunan berbentuk kubus yang dimuliakan Allah yaitu Ka’bah, yang juga merupakan tempat tumpuan kiblat seluruh umat manusia
2 Makkah sering sekali di sebut di dalam Al-Qur’an dengan berbagai istilah diantaranya; Bakkah (lembah air mata), Ummul Qura (perkampungan tua), Al-Balad (negeri), Al-Balad al-Amin (negeri yang aman), Al-Baddah (negeri), Haram Amin (tanah suci yang aman), Wad Ghairu Dzi Zar’in (lembah yang gersang) Ma’ad (tempat kembali), Qaryah (negeri/kampung), al-Masjid al-Haram dan lain-lain.
3 Tempat di bangunnya rumah Allah (Baitullah) pertama kali.
4  Makkah merupakan kota kelahiran Nabi Muhammad saw sebagai Nabi terakhir.
5 Tempat pertemuan Adam dan Hawa, setelah dikeluarkan dari syurga karena melanggar larangan Allah, mereka berdua hidup mengembara selama 200 tahun sehingga Allah mempertemukan mereka kembali di Jabal Rahmah, Arafah.
6 Tempat beribadah seluruh kaum muslimin serta adanya kewajiban menjalankan ibadah Haji bagi setiap muslim yang mampu.
7 Tempat yang tidak boleh seorangpun masuk ke dalamnya kecuali dengan kerendahan hati, khusyuk dan meninggalkan segala bentuk pakaian dan perhiasan dunia.
8 Tempat yang dijadikan Allah sebagai tanah suci yang aman, yang tidak boleh ada pertumpahan darah di sana.
9 Tempat yang dimaksudkan untuk menghapus dosa-dosa masa lalu.
10 Tempat yang Allah mensyariatkan kepada manusia untuk berthawaf di Ka’bah.
11 Tempat yang tidak ada sejengkal bumi pun yang Allah wajibkan hamba-hamba-Nya untuk menghadap dan melambaikan tangan, kecuali kepada Ka’bah, Hajarul Aswad, Rukun Yamani yang adanya di kota Makkah.
12 Tempat yang tidak ada di muka bumi ini suatu masjid pun, yang memiliki keistimewaan bagi siapa saja yang shalat di dalamnya maka pahalanya akan dilipatgandakan 100.000 kali.
13 Tempat yang dilarang oleh Allah untuk menghadap atau membelakanginya pada waktu buang hajat.
14 Tempat yang Allah memberikan balasan bagi siapa saja yang berniat jahat, walaupun belum melakukannya. Dan barang siapa yang melakukan kejahatan, balasannya akan dilipatgandakan. karena melakukan kejahatan di tanah suci, lebih besar dosanya dibandingkan di tempat-tempat lain.
15 Tempat-tempat yang mustajab bagi orang-orang yang berdoa di sana, misalnya di Hajar Aswad, di Rukun Yamani, di makam Ibrahim, di Hijir Ismail, di telaga Zamzam, di Arafah saat berwukuf dan lain-lain.
16 Tempat di mana Allah pernah bersumpah atas nama negeri Mekah seperti dituturkan-Nya dalam surah At-Tiin, kalau tidak karena istimewanya Mekah, Allah tentu tidak perlu mengangkat sumpah atas nama negeri yang sarat dengan sejarah itu.
17 Tempat yang sentiasa dijaga para malaikat.
18 Tempat adanya telaga zam-zam yang luar biasa.

KOTA MADINAH
Madinah merupakan satu dari dua kota suci yang dikawal para malaikat sepanjang masa, kawalan tersebut dimaksudkan untuk menghindari dari serangan dajjal. Karena pada akhir zaman Dajjal akan muncul di setiap kota dan desa. Namun begitu Madinah dan Mekah tidak dapat dimasuki Dajjal karena ia dikawal oleh para malaikat yang diutus Allah SWT. bagi tujuan tersebut.


Subhanallah! Istimewanya Kota Makkah dan Madinah Bagaimana menurut pandangan teman-teman ? :)

#renungan #haji #umrah #mekkah #madina #artikelIslam #islam#DW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...